Pada saat
ini, kualitas layanan program studi terhadap mahasiswa dipandang sebagai salah
satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif program studi. Apabila kualitas kinerja
dosen buruk dalam aspek kesiapan mengajar, materi pengajaran, disiplin
mengajar, evaluasi mengajar, kepribadian dosen, maka dalam jangka panjang daya
saing program studi akan melemah dan sulit berkembang. Namun, kinerja yang
berkualitas bukan pekerjaan mudah karena melibatkan banyak aspek. Kepuasan
mahasiswa terhadap kinerja dosen Program Studi Pendidikan Agama Kristen
merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai Visi, Misi,
Tujuan dan Sasaran (VMTS) keilmuan program studi. Mahasiswa selain berperan
sebagai input, mereka juga adalah stakeholder yang memanfaatkan jasa program
studi. Oleh karena itu, kepuasan mahasiswa menjadi penting dalam konsep kinerja
dosen.
Dalam menunjang
VMTS Prodi PAK tersebut maka salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan
memberikan kinerja dosen yang berkualitas kepada mahasiswa. Salah satu kegiatannya
adalah pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan
dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran ini
kegiatan yang sangat penting dalam rangka pencapaian kompetensi mahasiswa agar
dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan. Kegiatan pembelajaran
mahasiswa diharapkan lebih kreatif dan tepat waktu, sehingga dibutuhkan
bimbingan akademik yang berkualitas dari para dosen.
UPPS sebagai
supporting unit selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi
mahasiswa. Pelayanan yang diberikan oleh Program studi antara lain yaitu kesiapan
mengajar, materi pengajaran, disiplin mengajar, evaluasi mengajar, kepribadian
dosen. Survei tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen ini dilakukan
untuk menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang mereka
dapatkan. Hasil survei ini akan menjadi masukan bagi perbaikan maupun
peningkatan kualitas pelayanan Program Studi selanjutnya.